MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

SCHOOLNET

Posted by mgmptik on October 26, 2007

scnet.jpgSchoolnet : Adalah layanan koneksi ke Jardiknas khusus bagi zona sekolah saja. Hingga saat ini Depdiknas telah bekerjasama dengan PT. Telkom dalam penyediaan infrastruktur koneksi ke sekolah-sekolah menggunakan teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) yang lebih dikenal dengan produk Speedy Telkom. Namun demikian bagi sekolah-sekolah di wilayah Indonesia yang belum terjangkau infrastruktur Speedy Telkom dapat menggunakan jalur wireless 2.4 Ghz yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten masing-masing

Latar Belakang:

l Pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau disebut pula telematika, serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.

l Agar tidak semakin tertinggal terhadap negara-negara maju, mulai tahun 2006, Departemen Pendidikan Nasional membangun sistem jaringan pendidikan skala nasional (disebut: JARDIKNAS) yang menghubungkan seluruh kantor Dinas Pendidikan baik di tingkat propinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia telah mulai mendayagunakan potensi TIK untuk menunjang pendidikan. Dengan jaringan pendidikan skala nasional ini diharapkan proses pengelolaan data dan informasi pendidikan dapat dilaksanakan lebih mudah, cepat, terintegrasi dan transparan sesuai dengan rencana strategis pendidikan nasional 2005 – 2009.

l Rencana strategis program pendidikan nasional, meliputi: 1) peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, 2) peningkatan akses pendidikan, kompetensi dan daya saing bangsa serta 3) peningkatan manajemen dan pelayanan pendidikan yang transparan, akuntabel dan good governance. Dalam rangka mensukseskan rencana strategis tersebut dibutuhkan dukungan sarana data dan informasi pendidikan yang akurat dan handal, meliputi: data pokok pendidikan dan proses pemelajaran secara online.

l Salah satu upaya untuk mendukung hal tersebut, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional, merencanakan dan membangun Jardiknas schoolnet yang merupakan inftrastruktur yang menghubungkan seluruh sekolah di Indonedia dengan sebuah sistem jaringan, sehingga proses pendataan dapat dilaksanakan langsung dari sumbernya. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap.

l Untuk mewujudkan program kegiatan ini direncanakan untuk memberikan bantuan khusus berupa block grant schoolnet yang diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menghubungkan sekolah-sekolah daerah masing-masing agar dapat  teritegrasi dan terkoneksi dengan Depdiknas Pusat.

Tujuan:

l Menghubungkan 6.500 SLTA, SLTP dan SD dengan Jejaringan Pendidikan Nasional

l Mendistribusikan internet ke sekolah

l Meningkatkan kemampuan tenaga TIK pada sekolah

l Meningkatkan keterpaduan perencanaan dengan melakukan pembinaan SDM secara terpadu (integrated) yang berorientasi kepada pengembangan SDM yang mendukung peningkatan kemajuan dan aktivitas sesuai dengan rencana pengembangan pendidikan tingkat nasional, propinsi dan kabupaten/ kota yang berlaku

Keuntungan  Sekolah

Ø Mendapatkan hak akses Intranet dan Internet melalui jalur Jardiknas serta layanan lain yang tersedia sesuai aturan yang berlaku.

Ø Berbiaya relatif murah.

Ø Kapasitas basis Speedy 384 kbps dan basis wireless 128 kbps s.d 1 Mbps.

Tugas & Tanggung Jawab  Sekolah

Ø Bertanggung jawab terhadap kondisi peralatan yang diberikan sebagai bagian dari block grant schoolnet

Ø Bertanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan program schoolnet dengan melanjutkan pembayaran bulanan koneksi schoolnet setelah masa subsidi berakhi

Ø Menyiapkan dan memberdayakan Tenaga Teknisi Jardiknas untuk menjaga, merawat dan memperbaiki perangkat-perangkat TI di sekolah dan untuk menjaga keberlangsungan data NISN dan NUPTK

Harus Dilaksanakan Setelah Menerima Subsidi

Ø Membuat email untuk kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan sekolah

Ø Membangun dan mengembangkan website sekolah

Ø Memberdayakan dan menyebarluaskan materi pembelajaran sekolah dari sumber daya yang tersedia di Jardikas

Situs-situs Pendidikan :

Ø http://www.jardiknas.org/

Ø http://jardiknas.diknas.go.id/

Ø http://npsn.diknas.go.id/

Ø http://nisn.diknas.go.id

2 Responses to “SCHOOLNET”

  1. DH,

    Seperti biasanya, semua program pasti bagus dan pengennya berjalan dengan lancar…

    Hanya sedikit pesimis melihat kenyataan yang ada…😦

    Rawan penyalahgunaan oleh sebagian “OKNUM”

  2. budi said

    sekolah pake speedy..yg bayar siapa?? siswa lagi?? ato pake dana bos (dana rakyat lagi..?) knapa gak pake akses internet pemkot aja?? sukanya kok buang2 uang rakyat aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: