MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Netbook atau Notebook !

Posted by mgmptik on October 31, 2008

Sejumlah vendor PC kini tengah sibuk mengoptimalkan lahan bisnis netbook. Namun begitu, netbook yang digelontorkan pada dasarnya memiliki segmen yang berbeda dengan notebook. Netbook acapkali dijadikan second PC bagi segmen yang mampu.

“Saat ini, netbook sering dijadikan second PC atau second notebook oleh pasar,” ujar country manager Intel Corp Indonesia Budi Wahyu Jati, di sela-sela jumpa pers di Cafe Neo Vanity, New Wisma Standard Chartered, Kamis (17/7/2008) kemarin.

“Biasanya mereka ingin sesuatu yang lebih dari cukup. Di rumah, netbook bisa menjadi alternatif kedua di samping desktop PC. Orang yang sudah memiliki notebook pun butuh netbook untuk sesuatu yang lebih praktis,” imbuhnya.

Adapun sejmlah vendor PC di Indonesia yang juga masuk ke lahan bisnis netbook, diantaranya Asus, Acer, Axioo, MSI dan Hewlett-Packard (hp).

Netbook, bisa ditujukan bagi profesional-profesional yang mobilitas tinggi, namun tidak membutuhkan spesifikasi berstandar notebook. “Misalnya saja sales agent, atau insurance agent. Mereka hanya membutuhkan aplikasi komputasi yang sederhana, tidak butuh spesifikasi yang canggih,”

Perbedaan Netbook dan Notebook :

  1. Fungsionalitas : ini adalah perbedaan yang paling mendasar. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker. Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk beinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video dan gambar.
  2. Ukuran : Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7 -10 inch, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inch dan maksimal 17 inch. Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inch. Kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi. Ketersediaan input dan output di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB. Alasannya karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya lebih condong ke content maker.
  3. Harga : Rata-rata netbook dibanderol di kisaran 2,5 juta sampai 4 juta rupiah sedangkan notebook minimal 4,5 juta rupiah.

One Response to “Netbook atau Notebook !”

  1. Sriwahyuni said

    Salam kenal semua teman-teman yang ada di balik papan, ini guru dari Jatim. Ikut ramaikan dan ini usul saja ya Apakah mungkin kita membuat laptop sendiri yang dapat dijangkau oleh masyarakat kelas bawah. Apalagi yang mencetuskan guru TIK atau paling tidak dari PT

    Jawab : kalau kita guru ya dibantu, dikasih atau bisa kredit, hardwarenya saja ! software kita isi sendiri atau pakai open source biar bisa murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: