MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

ALASAN MENGGUNAKAN LINUX

Posted by mgmptik on January 25, 2009

by FX. Eko Budi Kristanto

Sengaja saya mencari-cari alasan kenapa saya memilih dan akhirnya menyukai Linux. Sengaja 21 alasan, karena angka 21 biasanya menjadi angka keberuntungan saya. (Hehe…) Tulisan ini merupakan jawaban jika suatu saat saya ditanya WHY? Jawabnya adalah BECAUSE:

  1. Linux gratis. Gratis disini berarti saya ngga harus membeli lisensi agar bisa menggunakannya. Lisensinya menggunakan GNU GPL. Dapat di-download, digunakan, dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan dengan tetap menghormati kode etik dan lisensinya…
  2. Linux untuk semua orang, dari yang miskin sampai dengan yang kaya… Dari yang muda sampai yang tua… Dari yang berkulit hitam sampai yang berkulit putih… Dari yang ahli di bidang komputer sampai ke orang awam. Saya ngga harus beli biaya lisensi yang mahal n uangnya bisa buat beli komputer lagi…
  3. Linux powerfull (stabil), dikembangkan oleh jutaan orang di dunia, ngga hanya sekedar lembaga dengan beberapa orang di dalamnya. Dan banyak orang di dunia sudah menggunakannya… Pakar IT ternama, kampus saya dulu, perusahaan-perusahaan besar, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan..
  4. Linux lebih mudah. Andaikan saya diminta buat server (saat ini baru DNS, Web, dan Proxy), pasti pilih Linux karna Linux sangat siap untuk dikonfigurasi jadi server. Paket-paket yang dibutuhkan sebagian besar sudah disertakan dalam distro yang saya pakai…
  5. Linux open source. Saya bisa oprek source code yang disertakannya. Ngga seperti software close source (kodenya ditutupi), mau merubah sedikit saja susahnya berhari-hari… (cape deh!)
  6. Linux komplet. Saat saya beli 1 DVD sebuah CD Linux (maksud saya distro), di dalamnya sudah disediakan ribuan program (aplikasi) yang siap pakai, ngga harus cari kesana-sini…
  7. Linux lucu dan indah. Logonya pinguin (adik saya pasti suka jika diberi bonekanya), trus ada banyak desktop yang bermacam-macam (dari mulai yang yang sekedar teks saja, hanya desktop saja, sampai yang menunya bisa jungkir balik, melayang-layang, bisa menghilang, sampai ke yang sangat banyak menu dan toolsnya. Ngga hanya ada logo kotak dengan start menu -> program aja…
  8. Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protokol keamanan yang sangat secure… Terbukti server Linux (dengan firewall-nya) jarang banget kebobolan… Buktinya juga di tempat kerja saya, belum pernah server Linux dijebol siswa (mungkin karna belum ada pelajaran hack server Linux).
  9. Linux cepat dan jalan terus (keep on running), selain ngga harus restart saat selesai install aplikasi, dan jika jalan pada modus teks (runlevel 3) pasti jalannya cepet banget deh… Trus server Linux bisa jalan selama beberapa tahun tanpa minta di restart.
  10. Banyak dukungan dan dokumentasi. Linux dan komunitasnya menyediakan milyaran dokumentasi (Readme, HOWTO, Guide, Manual, Info) dalam berbagai bahasa yang ada di muka bumi ini (bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa negara-negara di dunia, Bahasa Ibu, Boso Jowo, bahasa Gaul dan bahkan bahasa planet lain. Haha… Selain itu komunitas Linux menyediakan forum di seantero jagad maya (Internet).
  11. Linux bebas virus (Saat tetangga sebelah ribut dan kebingungan mencari anti virus yang top, saya bisa tetap tidur nyenyak karena Linux bebas virus)
  12. Linux lebih banyak memberi dan menawarkan pilihan (Jika MS menawarkan windows (jendela-jendela), maka linux menawarkan seluruh rumah dan isinya)
  13. Linux menjadikan banyak persaudaraan… banyak perkumpulan Linux, komunitas, bisa kenal satu sama lain, sama-sama mengembangkan (komunitas open source).
  14. Dapat jalan pada berbagai konfigurasi hardware, dari mulai 486 sampai server yang gede banget n banyak banget (clustering). Untuk urusan ini, kernel (Linux) patut diajungi 4 jempol (2 jempol tangan dan 2 jempol kaki. Hehe…)
  15. Linux memberi banyak lowongan kerja. Kebutuhan akan SDM yang menguasai Linux sampai saat ini masih sangat besar, apalagi jika beberapa tahun ke depan Pemerintah benar-benar serius dengan IGOS-nya (sekarang sudah dimulai dari beberapa Depertemen, lembaga pemerintahan lho…), dan Departemen Pendidikan menganjurkan untuk menggunakan Linux dalam mata pelajaran TIK di sekolah-sekolah.
  16. Linux memberi banyak waktu bagi Network Administrator untuk keluarga. Sekali instal dan konfigurasi server, trus ngga pernah nge-hang n trouble…
  17. Linux bikin PD (Percaya Diri). Ngga perlu takut-takut untuk berhadapan dengan tim sweeping software bajakan, karena saya sudah menggunakan Linux.
  18. Linux bikin orang jadi pinter, bisa belajar jaringan, bisa kenal lebih dalam tentang hardware, bisa belajar programming, bisa berimajinasi (yang baik-baik lho…)
  19. Linux menjunjung tinggi kemerdekaan tiap orang untuk berkreasi. Salah satunya adalah memberikan kebebasan untuk bebas mengungkapkan pendapat kenapa harus memilih-nya…
  20. Linux membuat dunia menjadi lebih baik, tidak ada proyek linux yang akan selesai, tiap hari terus menjadi lebih baik…
  21. Filosofi Linux sejalan dengan filosofi saya. Mau tahu? Kita bicarakan dari hati ke hati…

Dan pasti masih banyak lagi alasan kenapa menggunakan Linux. Tergantung bagaimana pengalaman kita (saya dan Anda) bersama Linux dan berapa jumlah alasan yang mau kita sebut dan tuliskan…

2 Responses to “ALASAN MENGGUNAKAN LINUX”

  1. supriono said

    DEPDIKNAS bukan cuma hanya menganjurkan, tetapi sudah berusaha dengan menerbitkan BSE TIK SMA berbasis opensource. Untuk TIK SMP/MTs insyaAlloh akan diterbitkan MEI 2009 ini bersamaan peringatan hari Pendidikan Nasional.

  2. infoGue said

    Hai, salam kenal, artikel anda ada di

    http://linux-open-source.infogue.com/alasan_menggunakan_linux

    ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: