MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

PERAN TIK SEBAGAI 3 PILAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Posted by mgmptik on March 15, 2009

E-Pendidikan adalah transformasi dari pendidikan tradisional dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam dunia pendidikan. Sebab TIK diperlukan dalam perluasan dan pemerataan akses pendidikan dan peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan.

SESUAI Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 pasal 35 ayat 1 disebutkan, standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, dan sumber belajar yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.


Dari dasar tersebut diketahui teknologi informasi dan komunikasi berperan dalam menunjang 3 pilar kebijakan pendidikan. Pertama, perluasan dan pemerataan akses pendidikan. Kedua, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan. Dan ketiga, penguatan tata kelola akuntabilitas dan citra publik pendidikan.


Kendati demikian, Menteri Departemen Komunikasi dan Informasi Muhamad Nuh mengakui, sampai saat ini pengenalan dan penggunaan TIK di Indonesia belum maksimal. Untuk mengatasinya perlu upaya berkesinambungan untuk meningkatkan kemauan belajar mengajar modern seperti komputer dan jaringan internet.


“Sebagian masyarakat kita yang berada di pondok pesantren belum welcome dengan TIK. Oleh karena itu mereka harus didorong dikenalkan TIK agar jarak kesenjangan dengan masyarakat tidak semakin jauh,” ujar M Nuh, saat berbicara di Semiloka e-Pendidikan Untuk Semua gelaran Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di Auditorium Kantor Wali Kota Balikpapan- KalTim.


Menurutnya perlu dukungan berbagai pihak, agar anak-anak pesantren tersebut tidak kalah dengan anak-anak lainnya. Selain itu, akan tercapai pula keseimbangan antara ilmu agama dengan pengetahuan umum.


Sementara, Koordinator Tim Akselerasi Teknologi Informatika dan Komunikasi Kaltim M Adriyanto dalam paparannya menjelaskan, integrasi TIK ke dalam pendidikan bukan sekadar alat bantu tetapi harus menjiwai seluruh proses yang ada di dalamnnya. E-Pendidikan akan sukses bila mencakup pengembangan content, pembangunan kultur belajar digital, dukungan kepemimpinan dan kebijakan yang memiliki luas dalam keteknologian dan menjaga semangat perubahan yang berkesinambungan.


“TIK untuk pendidikan tidak harus mahal, tetapi tetap mendapatkan nilai guna yang tinggi. Itu juga harus dilihat sesuatu hal yang mudah dan memudahkan bukan malah dihindari karena adanya penambahan kompleksitas,” sebutnya.


Adriyanto mencontohkan beberapa kreativitas penggunaan TIK dalam pendidikan di Kaltim. Pertama, pengajaran mata kuliah Kimia menggunakan animasi yang sepenuhnya diambil dari internet dan disesuaikan dengan kurikulum di sebuah perguruan tinggi negeri di Samarinda. Kedua, penggunaan moving class multimedia di madrasah menggunakan materi Dora The Explorer di Kutai Kartanegara. Ketiga pembuatan materi belajar Agama Islam dalam bentuk file MP3 yang dibagikan ke siswa di sebuah SMK di Samarinda.


“Lainnya pengembangan sistem informasi sekolah lengkap berbasis web yang dibuat secara mandiri di salah satu SMP dan SMA di Bontang,” sebutnya.


Semiloka tersebut merupakan rangkaian dari Musyawarah Wilayah IKA ITS Kaltim. Di tengah-tengah acara tersebut juga dilakukan pelantikan pengurus wilayah IKA ITS Kaltim 2009-2013. Beberapa susunan pengurus IKA ITS Kaltim antara lain, Ketua Umum Sri Sutantinah, Wakil Ketua I Indra D Prasetya, Wakil Ketua II Fajar S Sidabutar, Sekretaris Umum Gatot Subandono, dan Bendahara Umum Doriessiswati Marla Neli P N. Untuk jajaran penasihat masing-masing Nusyirwan Ismail, Ida Bagus Agra Kusuma, Roby Subianto dan Gunawan Wiroutomo.(tom)

sumber dari kaltimpost

One Response to “PERAN TIK SEBAGAI 3 PILAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN”

  1. anida krisstini said

    terimakasih, saya sangat terinspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: