MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Program Laptop untuk Guru dari PGSB

Posted by mgmptik on May 28, 2009

laptopBALIKPAPAN–Kerjasama antara Persatualaptop2n Guru Swasta Balikpapan (PGSB) dengan PT Acer dalam hal pengadaan laptop serta pelatihan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) bagi guru swasta segera akan direalisasikan. Ketua PGSB, Subiyanto ST MPd mengatakan, rencananya pada 19 Mei nanti pihaknya akan melakukan penandatanganan MoU.

“Wujud kerjasamanya berupa pengadaan kredit laptop untuk tahap awal bagi 50 orang guru. Penekenan MoU berlangsung tanggal 19 Mei sore hari, di Hotel Mega Lestari dilanjutkan dengan pelatihan,” ungkap Subiyanto.

Dia melanjutkan, pengadaan laptop bagi guru swasta yang digagas PGSB ini terealisasi berkat dukungan Bank Mandiri selaku penyedia kredit.

Lewat pengadaan laptop, sambung dia, PGSB berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para guru swasta, perwujudan peningkatan kesejahteraan guru serta memperluas wawasan guru dalam mengakses informasi maupun berkomunikasi.

Tak hanya sebatas pengadaan laptop. Dalam MoU nanti, PT Acer sepakat untuk menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) tentang Iptek. Melalui upaya pengadaan laptop serta diklat, kedepan PGSB berharap guru swasta tidak ada lagi yang gagap teknologi.

“Peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme guru swasta tidak hanya melalui pemberian insentif, tapi juga harus ada upaya agar guru-guru swasta meningkatkan kemampuannya antara lain melalui penggunaan teknologi,” imbuhnya.

Akhir bulan Maret lalu, Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo berdiskusi dengan ratusan guru yang memenuhi Gedung Dome Balikpapan. Di tempat itu ia melihat kegembiraan para guru begitu Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyampaikan bahwa pada tahun 2009 ini mereka mendapat tambahan insentif Rp 1 juta per bulan.

Mendiknas yakin Pemprov Kaltim tak hanya mampu memberikan tambahan insentif Rp 1 juta, tetapi juga berupaya meningkatkan mutu pengajaran mereka.

”Barangkali tidak perlu harus dana insentif tambahan untuk membantu meningkatkan kemampuan para guru, tetapi cukup menyediakan laptop,” katanya.

Ia memang mengimpikan setiap guru punya satu laptop. Guru seharusnya menjadi profesi yang terhormat. Ia harus bisa berhubungan terus dengan anak didiknya, termasuk lewat dunia maya.

Dengan cara itu, katanya, setiap guru mempunyai akses yang kaya dengan sumber pembelajaran. Internet bisa menjadi media bagi guru untuk saling bertukar pengalaman, tak terbatas di Indonesia, tetapi sampai ke luar negeri.

“Jadi upaya yang dilakukan PGSB ini sekaligus untuk mendukung program mendiknas itu,” tambah Subiyanto.(yud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: