MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

PR MENDIKNAS di 100 Hari Pertama

Posted by mgmptik on October 23, 2009

Moh_NuhPastinya 100 hari pertama sudah pusing tujuh keliling memikirkan darimana memulainya menguraikan keruwetan masalah pendidikan di Indonesia ini. Bahkan minum pil bintang tujuh pun gak akan sanggup menghilangkan pusing tujuh keliling itu (he….he….). Namun kalau mau merenung sejenak (tapi bukan melamun loh he…he…), ada beberapa permasalahan penting yang menuntut harus segera dituntaskan.

Pertama adalah menyelesaikan polemik berkepanjangan tentang keberadaan Ujian Nasional (UN). Seperti kita tahu bahwa keberadaan UN ini sudah menuai protes berbagai kalangan, akibat dari konsepnya yang belum kokoh dan pelaksanaannyapun yang masih jauh dari berhasil. Disatu sisi ada pihak yang ingin mempertahankan keberadaannya karena alasan demi standar, namun banyak pihak yang menolaknya karena alasan bagaimana mungkin keberhasilan suatu jenjang kependidikan hanya dinilai dari ujian yang berlangsung hanya beberapa jam saja. Dengan kata lain proses pembelajaran tidak dinilai dan dihargai. Juga bagaimana mungkin kita menerapkan standar yang sama namun kualitas dan kuantitas sarana tidak sama. Jadi polemik ini harus dituntaskan segera.

Kedua adalah masalah UU BHP. BHP menuai protes berbagai kalangan karena tercium sebagai komersialisasi pendidikan. Masalah ini harus diputuskan segera, apakah tetap dijalankan dengan berbagai risiko, atau direvisi dan terus dijalankan, atau harus dicabut?

Ketiga adalah menyelesaikan polemik (he…..he….. polemik lagi) tentang program sertifikasi guru. Kesan dari berbagai kalangan adalah kok setelah disertifikasi kemampuannya masih begitu aja. Lebih lagi, tujuan sertifikasi adalah sertifikasi itu sendiri (dan tunjangan tentunya he….he….), bukan peningkatan kemampuan mendidik dari seorang guru. Jadi harus diciptakan indikator evaluasi untuk mengevaluasi guru secara berkala. Selain itu, kurangi kesenjangan tunjangan antara guru yang sudah dapat giliran sertifikasi dan yang belum dan apalagi yang masih honorer (apalagi banyak yang honorer menahun hik….hik…hik…)

Itulah tiga PR penting (he….he…) yang harus diselesaikan dalam 100 hari pertama. PR lain seperti masih banyaknya fasilitas sekolah yang memprihatinkan kondisinya, keberadaan SBI yang menuai kontroversi, Sekolah gratis yang konon tidak gratis, perlunya Dewan Pendidikan Nasional yang independen, bahkan perlunya wakil mentri mengingat tugas yang sedemikian beratnya, dll yang dapat dituntaskan secara bertahap.

Selamat bekerja!

diambil dari  http://www.edukasi.kompasiana.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: