MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Komisi Informasi Publik

Posted by mgmptik on July 28, 2010

Pembentukan Lembaga KIP ( Komisi Informasi Publik ) dari pusat sampai kedaerah ini sangat membantu pemerintah karena lembaga ini yang paling tahu mana informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat atau tidak,KIP ini sangat penting karena masalah data dan informasi ini bisa menjadi masalah di masyarakat jika tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Lembaga ini bisa mensosialisasikan  UU KIP ( Keterbukaan Informasi Publik )

UU KIP ( Keterbukaan Informasi Publik )itu berguna untuk menjamin hak masyarakat memperoleh informasi bagi publik. Jadi, bagi siapapun yang akses informasinya dihambat bisa lapor ke Komisi Informasi Pusat atau ke cabang di daerah.

Ketentuan hukuman bagi pimpinan badan pemerintah yang melanggar UU keterbukaan informasi tersebut diatur dalam Pasal 52 UU No. 14 Tahun 2008.

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa badan publik yang dengan sengaja tidak menyediakan, tidak memberikan, dan/atau tidak menerbitkan informasi publik berupa informasi publik secara berkala, informasi publik yang wajib diumumkan secara serta-merta, informasi publik yang wajib tersedia setiap saat, dan/atau informasi publik yang harus diberikan atas dasar permintaan sesuai dengan UU ini, dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dikenakan pidana kurungan paling lama satu tahun dan/atau pidana denda paling banyak 5 juta rupiah.

jika permintaan informasi dokumen selama tujuh hari diabaikan instansi tersebut, maka permohonan dilakukan ke pimpinan di atasnya. Namun, jika selama 30 hari permohonan itu diabaikan dan tidak kooperatif dalam melakukan mediasi maka pemohon bisa mengajukan tuntutan hukum pada pihak yang bersangkutan.

UU KIP dilingkungan sekolah. Para  penyelenggara pendidikan diharapkan dapat memahami aturan yang tertulis di dalam UU tersebut. supaya sekolah terbuka dalam memberikan informasi publik. Khususnya menyangkut dana sekolah yang tertera dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS). Karena APBS termasuk bagian dari informasi publik. Sehingga bisa diakses oleh publik, termasuk orangtua, komite sekolah, masyarakat sekolah, dan media massa.

APBS diharapkan terbuka supaya semua pihak dapat mengetahui rincian anggaran yang dibutuhkan sekolah. Penyusunan APBS yang transparan merupakan kewajiban bagi sekolah untuk diketahui setiap orangtua siswa. Dengan begitu, dunia pendidikan sudah menerapkan keterbukaan informasi yang diatur dalam UU KIP.

One Response to “Komisi Informasi Publik”

  1. umar bakri said

    Di sini Guru Saja ndak Tahu berapa APBS nya, apalagi wali murid masyarakat luas mustahil bisa tahu , Lembaga dan UU ini serius atau hanya sekedar penghibur sementara rakyat !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: