MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

BALIKPAPAN SELURUH SEKOLAH BERBASIS IT

Posted by mgmptik on December 10, 2010

Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkot Balikpapan menargetkan semua sekolah di Balikpapan nantinya menggunakan perangkat Informasi Teknologi (IT) dalam proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Melihat perkembangan yang semakin maju, para guru dan murid dituntut untuk tidak ketinggalan dalam mengakses informasi dan menggunakan teknologi.

Teknologi ini sebuah kebutuhan. Jadi mau tidak mau, secara bertahap kita berharap semua sekolah bisa berbasis IT dalam proses belajar dan mengajar,” ujar Kepala Disdik Balikpapan, Syahrumsyah Setya didampingi Kabid Pendidikan Menengah, Eddy Yusuf.
Pada Senin (6/12) kemarin, Disdik menyerahkan sarana atau perangkat pembelajaran berbasis IT kepada 23 sekolah, mulai jenjang SD, SMP dan SMA sederajat yang telah ditetapkan sebagai penerima. Bantuan perangkat IT ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) sebagai dana pendamping pembangunan infrastruktur pendidikan tahun 2010.

Eddy-akrab Eddy Yusuf disapa mengatakan, bantuan ini dikhususkan kepada sekolah yang berstatus Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) serta Sekolah Standar Nasional (SSN). Ini merupakan program dari kurikulum Balitbang Kemendiknas Jakarta. Tujuannya, menunjang belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.

“Memang tidak semua sekolah yang mendapatkan bantuan dari pusat ini. Karena prangkat ini juga harus disesuikan dengan kondisi masing-maising tersebut, baik deri segi infrastruktur pendukung maupun dari segi kualitas pendidik dan siswa,” ungkap Eddy disela sosialisasi penyerahan bantuan di aula SMP Negeri 14, Ring-Road, Sepinggan Balikpapan Selatan.

Bantuan tersebut, diantaranya berupa  komputer PC, monitor LCD, laser printer, server, proyektor dan screen, UPS, perangkat jaringan, meja serta kursi komputer. Selain itu, beberapa sekolah juga mendapatkan bantuan kamera CCTV. Rencananya, fisik perangkat tersebut sudah bisa diterima masing-masing sekolah pada pertengan Desember ini.

Sehingga, Januari 2011 sudah bisa dimanfaatkan secara optimal. “Kita berharap dalam waktu dekat akan didrop ke setiap sekolah, setidaknya tanggal 10 Desember ini perangkat yang diserahkan ke sekolah, 80 persen direalisasikan,” terang, Eddy didampingi pihak PT Duta Bosindo selalu pemenang tender pengadaan.

Selanjutnya ia memaparkan, dengan adanya fasilitas perangkat berbasis IT ini, pihak sekolah tidak lagi kesulitan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Apalagi, Disdik juga sudah memberikan pelatihan kepada 70 guru yang berasal dari sekolah penerima bantuan. “Guru-guru pengguna perangkat ini juga sudah kita latih.

Jadi mereka juga mudah menyampaikan materi pelajaran dengan mengunakan perangkat IT ini. Harapannya, sekolah dapat terangsang untuk lebih maju. Seperti mengoptimalkan website, maupun pelajaran di dalam dan luar ruang kelas,” imbuh Eddy Yusuf.

disdik bpp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: