MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Natty Release Party Balikpapan

Posted by mgmptik on May 14, 2011

Ini adalah kegiatan yang bagus, yang bisa mendobrak kurikulum yang ada di Sekolah, yang sampai sekarang hanya microsoft made in dan berbayar made in saja . padahal sudah lama ada alternatif lain yang tidak berbayar dan bagus, dan tak kalah dengan yang berbayar. tapi memang aneh bin ajaib, kita lebih suka yang bajakan, atau kita memang pembajak made in. atau kita merasa salah kalau tidak menggunakan yang berbayar padahal kita memang gak bisa bayar , jadi ya bajak saja atau mungkin merasa ndak berrsalah sama sekali. kita ini ngerti atau pura – pura ndak ngerti. atau bahkan mengkondisikan tidak tahu, karena orang tidak tahu biasanya di sini ada kebijaksaannya. mungkin dengan mengikuti acara ini bisa tahu. tapi ndak tahu ya kalau sudah punya mental dijajah, jadi semuanya terikat, ndak bisa melakukan apa – apa lagi, selain mengikuti saja. tapi lagi – lagi sayang kalangan guru yang menghadiri sedikit saja malah bisa dihitung dengan jari, pemerhati pendidikan juga ndak ada. Tapi kita masih berharap siswa yang jadi peserta, bisa punya motivasi dan memilih yang benar.

Dalam kegiatan ini peyelenggara ingin menjelaskan lebih detail, dan juga memberikan demo dari beberapa fasilitas yang bisa digunakan di sistim operasi ini.

Ubuntu adalah sistem operasi komputer berbasis distribusi Debian GNU/Linux dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan kode sumber terbuka. Ubuntu berasal dari bahasa Afrika Selatan yaitu “humanity towards others”, atau kurang lebih berarti kemanusiaan untuk membangun sesama.

Sistem operasi Ubuntu utamanya dirancang dan digunakan untuk lingkungan desktop, meskipun kini juga tersedia untuk netbook maupun server. Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd., perusahaan yang berbasis di Inggris, yang dimiliki oleh seorang entrepreneur Afrika Selatan, Mark Suttleworth. Canonical memperoleh pendapatan dari layanan dan dukungan teknis dari pengguna Ubuntu, sedangkan sistem operasi Ubuntu itu sendiri dapat kita peroleh secara gratis atau tanpa biaya.

Setiap rilis Ubuntu memiliki nomor versi rilis yang terdiri dari angka tahun dan bulan. Sebagai contoh, rilis pertama Ubuntu 4.10 yang dirilis pada tanggal 20 Oktober 2004. Jika rilis ditunda maka perubahan nomor versi disesuaikan. Jarak antar rilis berkisar setiap 6 bulan sekali, dan paling lama 3-5 tahun untuk rilis Long Term Support (LTS). Dan di setiap rilis dirayakan oleh seluruh pengembang dan komunitas pengguna di seluruh dunia yang disebut Release Party.

Hingga kini, Ubuntu telah masuk pada rilis 11.04 pada tanggal 28 April 2011 lalu, dan diberi kode nama “Natty Narwhal”. Pada versi ini, Ubuntu tidak lagi akan menggunakan desktop Gnome secara ketat, tetapi menggunakan Unity sebagai standar desktop.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: