MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Konsorsium Gerakan Guru Melek Internet (KGGMI)

Posted by mgmptik on July 12, 2011

Konsorsium Gerakan Guru Melek Internet atau disingkat KGGMI adalah gabungan dari beberapa institusi yang memiliki visi yang sama yaitu untuk membantu pemerintah meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan menjadikan para guru di Indonesia mampu menggunakan komputer dan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran mereka, baik di kelas mau pun di luar kelas.
Konsorsium ini dibentuk oleh 3 (tiga) lembaga yaitu : Ikatan Guru Indonesia (IGI), Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM), dan PT Telkom Indonesia pada rapat perdananya di kantor PT Telkom Jl Gatot Subroto, Jakarta pada hari Selasa tanggal 5 Juli  2011.
Pada rapat tersebut disepakati bahwa kepengurusan Konsorsium ini adalah sbb :
Ketua       : Prof Eko Indrajit (Ketua Aptikom)
Wakil Ketua : Teni Agustini (VP PT Telkom Indonesia)
Sekertaris  : Satria Dharma (Ketua Umum IGI)

Yang akan segera bergabung dengan Konsorsium ini adalah PT ACER Indonesia dan kita harapkan Microsoft dan PT Intel Indonesia juga segera bergabung.
Program ini akan melibatkan 3 (tiga) kementrian, yaitu : Kemdiknas, Kemenag, dan Keminfo.

I. LATAR BELAKANG :
Pendidikan merupakan suatu hal yang  sangat penting bagi bangsa Indonesia saat ini. Anak-anak yang mengenyam pendidikan saat ini akan menjadi tulang punggung bangsa pada hari esok. Untuk itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang kreatif, inovatif serta mudah dimengerti oleh mereka.
 
Salah satu sarana penunjang pengajaran yang sangat tepat pada era informasi saat ini adalah dengan menggunakan media TI (Teknologi informasi).  Permasalahannya saat ini belum semua guru dapat memanfaatkan TI diantaranya internet untuk kegiatan pembelajaran Hal ini disebabkan kemampuan guru yang belum merata dalam memanfaatkan internet sebagai sarana belajar dan pembelajaran. Harus ada cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi yang pada akhirnya akan dapat membuat mereka mampu memanfaatkan TI dalam pembelajaran mereka
           
Ikatan Guru Indonesia (IGI) sebagai organisasi profesi guru yang telah disahkan Depkumham melalui surat bernomor: AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009 sesuai dengan motto “Sharing and Growing Together” bersama APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer) yang membawahi ratusan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)telah merancang sebuah Gerakan yang dinamakan “GERAKAN GURU MELEK INTERNET” disingkat GGMI. Gerakan ini berisi bermacam kegiatan yang melibatkan guru, profesional dan sponsor sehingga akan mempercepat proses peningkatkan kualitas dan kompetensi profesional para guru utamannya dalam hal kemampuan penggunaan internet untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.
Melalui program ini, para guru dilatih dan dibimbing para trainer yang memiliki pengalaman luas dalam bidang ICT dan pelatihan guru. Sehingga mutu guru dan siswa diharapkan akan berkembang sesuai harapan kita semua.
 
GGMI akan melakukan banyak sekali pelatihan di seluruh Indonesia, di target kan dalam 5 tahun akan melatih 1.000.000 (sejuta) guru diseluruh Indonesia. Tentunya hal ini akan bisa tercapai jika dilakukan secara sinergis dengan semua pihak yang memiliki visi yang sama untuk memajukan mutu pendidikan bangsa.
 
Untuk itu IGI bersama APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) ingin menggandeng PT Telkom Indonesia agar target tersebut dapat tercapai. IGI yang saat ini berada di  14 Propinsi dan 82 kota/kabupaten di seluruh indonesia dan APTIKOM, dengan jumlah anggota lebih dari 725 program studi, ingin mengajak PT Telkom Indonesia untuk mensukseskan program Gerakan Guru Melek Internet ini. PT Telkom adalah partner paling tepat untuk menjalankan gerakan ini karena PT Telkom berada di seluruh Indonesia dan memiliki semua sarana dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan ini.  Jika IGI dan APTIKOM bekerja sama dengan PT Telkom dalam upayanya untuk membuat guru melek komputer maka tujuan tersebut akan jauh lebih mudah tercapai.
Mengapa justru program ini yang dipilih oleh IGI sebagai program nasional dan bukan Pelatihan Mengajar Bhs Inggris, Matematika, dll..?!
Pelatihan-pelatihan tersebut tetap kami lakukan tapi sifatnya LOKAL atau bergantung pada kebutuhan dari daerah masing-masing. Di samping itu ketrampilan menggunakan komputer dan memanfaatkan interne takan sangat bermanfaat bagi guru yang ingin meningkatkan kompetensi dirinya karena dengan kemampuan ini maka para guru akan bsia berhubungan satu sama lain melalui internet dan dengan demikian mereka bisa terhubung satu sama lain utk berkolaborasi. Tak ada yang lebih hebat dalam telekomunikasi massal selain internet.
Di dunia modern ini para guru perlu memanffatkan teknologi dalam pembelajarannya. Merekaperlu beremigrasi dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran modern.
KEUNTUNGAN YANG DIDAPAT
 
Ada beberapa keuntungan guru jika mereka beremigrasi dari pola belajar mengajar yang tradisional ke pola pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, yaitu
 
Pertama, pembelajaran akan lebih menarik sehingga akan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dari guru. Dengan segala kelebihan dari visualisasi dan animasi materi pelajarannya jelas akan membuat siswa lebih mudah untuk memahami dan lebih tertarik untuk lebih mendalami materi.
 
Kedua, jika semua materi pembelajaran dapat dikemas dalam sebuah alat maka itu sama dengan menjinjing dunia dalam satu genggaman. Bayangkan berapa banyak informasi yang bisa dimasukkan dalam laptop dan ditampilkan oleh guru pada siswa-siswanya. Bahkan berbagai kamus dan ensiklopedia dapat ditanamkan dalam laptop sebagai sumber belajar yang luar biasa kapasitasnya.
 
Ketiga, menggunakan internet untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengajar jelas akan memudahkan guru dalam melakukan persiapan. Persiapan mengajar akan lebih mudah karena tinggal seleksi, salin, edit, dan tempel materi persiapan yang telah ada dan sajikan. Hal ini akan memberikan guru waktu lebih utk menyiapkan materi pengayaan dan remidial yang dibutuhkan siswa.
 
Keempat, pembelajaran jelas akan lebih relevan dengan dunia nyata karena materi yang ada di internet adalah materi-materi yang terbaru dan dapat selalu diupdate. Dengan demikian guru dan siswa dapat melakukan proses belajar mengajar dengan materi yang terkini dan tdak akan ketinggalan dengan materi dari belahan dunia mana pun. Guru dapat menyusun materi sesuai dengan kebutuhan siswa akan kehidupan nyata.

Kelima, pembelajaran jelas akan lebih kontekstual dan bermakna. Guru dan siswa akan saling belajar pada materi-materi yang memiliki hubungan dengan dunia nyata. Guru juga akan lebih terdorong dan tertantang untuk mencari sumber-sumber belajar lain sehingga akan mendorong mereka untuk menjadi lebih aktif dan kreatif.
 
Keenam, pembelajaran berbasis teknologi informasi ini akan mendorong guru untuk dapat menciptakan sendiri materi-materinya dengan berusaha menyempurnakan materi-materi yang ada dalam laptopnya. Dengan demikian para guru akan membutuhkan kerjasama dengan guru-guru lain dalam menyesuaikan mater yang ada dengan kebutuhan natanya di kelas. Hal ini akan mendorong terwujudnya prinsip belajar seumur hidup atau ‘Life long learning’ karena guru akan tertantang utk selalu mencari bahan-bahan dari sumber manapun yang dapat digalinya.
 
IV. SASARAN
 
“GERAKAN GURU MELEK INTERNET dimaksudkan agar para guru memiliki kemampuan menggunakan perangkat TI dan  memanfaatkannya untuk pembelajaran yang interaktif, kreatif dan inovatif secara mandiri sehingga mutu guru, siswa dan sekolah akan tercapai. Sasaran ayng akan dituju adalah semua guru mulai dari jenjang SD,SMP maupun SMA/SMK
 
 
V. TUJUAN
 
Dengan gerakan ini diharapkan akan diperoleh manfaat
 
•      Memperluas kesempatan belajar
•      Meningkatkan efisiensi
•      Meningkatkan kualitas belajar
•      Meningkatkan kualitas mengajar
•      Memfasilitasi pembentukan keterampilan
•      Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan (long life education)
•      Meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen
•      Mengurangi kesenjangan digital
 
 
VI. BENTUK KEGIATAN
 
Gerakan Guru Melek Internet akan melatih guru-guru untuk memanfaatkan internet sekaligus menggunakannya sebagai sumber dan media pembelajaran.
 
Media Pembelajaran yang akan dibuat harus memenuhi empat unsur dasar media pembelajaran yang baik yaitu:
  1. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
  2. Menarik
  3. Mudah digunakan
  4. Interaktif
Berdasar dari hal tersebut maka kegiatan Pelatihan Internet ini terbagi beberapa tahap
Tahap Materi

Durasi

(jam)

Software

Pengenalan

Internet

– Mengenai internet

– Browsing

– Mencari bahan ajar di

internet berupa teks,

gambar, audio dan video.

-Membuat dan

menggunakan email

-Komunikasi dan

Diskusi Online

4

Mozilla

/Opera /

Google Chrom/IE

Pembuatan

 

Media

 

Pembelajaran

-Konsep Media

Pembelajaran

-Dasar-dasar Microsoft

power point

-Membuat Link

-Memasukkan teks,  gambar, audio

dan video dari internet ke Power point

4

Mozilla,

Opera, IE,

Microsoft

Power

Point 2007

Telaah Media

 

Pembelajaran

 

berbasis Internet

-Penelaahan rancangan

media pembelajaran

-Pembuatan media

pembelajaran

-Validasi media

4

Mozilla,

Opera, IE,

Microsoft

Power

Point 2007

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: