MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Disdik Tak Mau Dicap Gagal Simulasi PPDB Online Tetap Dilakukan

Posted by mgmptik on December 14, 2012

BALIKPAPAN – Menanggapi pemberitaan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, Kepala Dinas Pendidikan Heri Misnoto mengadakan pertemuan khusus dengan memanggil pihak PT Telkom dan Kaltim Post, di Kantor Disdik, Jalan Ruhui Rahayu, Kamis (23/11). Tujuannya untuk menyamakan persepsi dalam bentuk dukungan untuk mensosialisasikan Penerapan PPDB yang diproyeksikan dimulai pada 2014.

Hal itu juga dinilai sebagai bentuk komitmen Dinas Pendidikan (Disdik) yang sebelumnya pasrah menerima putusan DPRD Balikpapan yang menolak penerapan PPDB Online pada tahun ajaran 2013/2014. Pertemuan dihadiri Manager Area Kaltim Kalbar Telkom Divre VI Kalimantan Ketut Wirata, Account Manager Kaltim-Kalbar Muhammad Chaerudin Noer, Kabid Pendidikan Menengah Disdik Pratitis, Kabid Pendidikan Dasar Irawan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan PPDB Online 2013 Saeful Bahri.
Dari pertemuan disepakati pada hari ini Disdik melalui PPTK PPDB Online 2013 akan mengirimkan surat ke Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Balikpapan guna melakukan simulasi PPDB Online. “Rencananya besok (hari ini,Red) akan kami kirimkan surat itu, sehingga tanggal 17 dapat kami lakukan simulasi PPDB Online di ruang komisi IV,” tandas Saeful Bahri, PPTK PPDB Online 2013.
Berdasarkan alur simulasi PPDB, pada 17-18 Desember Disdik akan menghadirkan 9 sampel siswa yang terbagi dari 5 siswa SMP dan 4 siswa SMA di Balikpapan. Hal itu mengacu pada Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah dibuat dan disepakati Pemkot yaitu Real-Time Online System pada Peserta Didik Baru (PDB) Gakin, Bina Lingkungan, Reguler, RSBI, Prestasi dan Kelas Olahraga. “Lima siswa akan disimulasikan pada semua sistem PDB. Kalau SMA hanya kita bawa 4 siswa saja karena minus sistem PDB kelas olahraga,” tambahnya.
Sementara, Kadisdik Heri Misnoto mengatakan, simulasi dilakukan untuk menepis berbagai anggapan bahwa pihaknya gagal dalam menerapkan PPDB Online 2013. “Tujuan dari simulasi PPDB Online di gedung dewan untuk menyakinkan pihak legislatif terhadap penyelenggaraan ini. Mereka kan menolak, tapi bagaimanapun juga kami harus menyamakan persepsi dengan DPRD untuk membantu sosialisasi PPDB pada masyarakat, sehingga dapat diterapkan pada tahun selanjutnya,” tambahnya.
Menurut Heri, dahulu pihaknya sempat diberikan opsi oleh DPRD Balikpapan untuk menerapkan secara bertahap, yakni di sekolah RSBI dulu. “Kami memilih mematangkan sistem online terlebih dahulu agar kami bisa terapkan di sekolah secara keseluruhan,” ungkapnya.
Lebih jauh, Heri menjelaskan terkait penolakan legislatif yang beralasan masih menunggu pengesahan Perda Pendidikan pada awal tahun 2013, hal tersebut dapat diterimanya. “Perda Pendidikan sudah tahap finalisasi, dan sistem PPDB Online akan masuk didalamnya. Jadi kami punya payung hukum yang kuat untuk menerapkannya nanti. Bahkan Ketua DPRD Andi Burhanudin Solong juga mendukung hal ini,” tambah Heri.
Sementara, Manager Area Kaltim Kalbar Telkom Divre VI Kalimantan Ketut Wirata mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Disdik untuk penyelenggaan PPD Online. “Tujuan kami datang juga ingin menyamakan persepsi agar tidak terjadi miscommunication dalam mensosialisasikan sistem online,” tambahnya. (*/tka/tom/k2)
Kaltim Post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: