MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

c

INSENTIF GURU MINIMAL 1 JUTA

BALIKPAPAN – Rencana Dinas Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan subsidi sebesar Rp 300.000 untuk insentif guru, disambut baik Dinas Pendidikan (Diknas) Balikpapan. Dengan adanya subsidi tersebut, maka rencana pemberlakuan insentif  guru minimal Rp 1 juta yang dicanangkan Gubenur Kaltim, Awang Faroek dapat segera dilaksanakan.

Menurut Kepala Diknas Balikpapan Sarjono, selama ini pihaknya memberikan insentif guru sebesar Rp 700.000 per bulan. “Berarti dengan adanya subsidi Rp 300.000, insentif guru minimal Rp 1 juta sudah dapat terpenuhi, dan sesuai apa yang dicanangkan gubenur,” ucapnya, Senin (16/3) di Aula Rumah Dinas Walikota Balikpapan.

Meskipun begitu, kata Sarjono insentif guru minimal Rp 1 juta hanya diberikan untuk guru negeri. Sedangkan guru swasta belum dapat dipenuhi karena insentif yang diberikan selama ini hanya Rp 300.000 per bulan. Bila ditambah subsidi Rp 300.000 per bulan dari provinsi, berarti guru swasta hanya mendapatkan Rp 600.000 per bulan.

“Tapi karena adanya pencanangan insentif ini, maka insentif  guru swasta akan kami bicarakan kembali. Sebab disini, tidak mungkin saya yang menentukan. Hal ini harus kami bicarakan kembali dengan walikota untuk mencarikan solusinya agar insentif  minimal Rp 1 juta terpenuhi,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Imdaad Hamid mengatakan, untuk insentif guru swasta minimal Rp 1 juta dapat terpenuhi 2010 mendatang. “Tidak mungkin tahun ini, karena anggaran sudah ditentukan dan disetujui DPRD, jadi tidak mudah merubah anggaran,” ucapnya.

Imdaad hanya memberikan solusi insentif minimal Rp 1 juta untuk guru swasta dapat terpenuhi, jika ada kerjasama dengan yayasan sekolah tersebut. Dengan asumsi  Rp 300.000 dari Pemkot,
Rp 300.000 dari Pemprov dan Rp 400.000 dari yayasan. “Jadi sisanya yayasan yang menanggung,”  katanya.

Rencananya pemberlakuan insentif guru minimal Rp 1 juta ini akan dicanangkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati dan Walikota se-Kaltim. MoU ini akan saksikan langsung Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo, 24 maret mendatang di Balikpapan. (jnh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: