MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

d

 

SATU LAPTOP UNTUK SATU GURU

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo (56) berdiskusi dengan ratusan guru yang memenuhi Gedung Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/3). Di tempat itu ia melihat kegembiraan para guru begitu Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyampaikan bahwa pada tahun 2009 ini mereka mendapat tambahan insentif Rp 1 juta per bulan.

Mendiknas yakin Pemprov Kaltim tak hanya mampu memberikan tambahan insentif Rp 1 juta, tetapi juga berupaya meningkatkan mutu pengajaran mereka.

”Barangkali tidak perlu harus dana insentif tambahan untuk membantu meningkatkan kemampuan para guru, tetapi cukup menyediakan laptop,” katanya.

Ia memang mengimpikan setiap guru punya satu laptop. Guru seharusnya menjadi profesi yang terhormat. Ia harus bisa berhubungan terus dengan anak didiknya, termasuk lewat dunia maya.

Dengan cara itu, katanya, setiap guru mempunyai akses yang kaya dengan sumber pembelajaran. Internet bisa menjadi media bagi guru untuk saling bertukar pengalaman, tak terbatas di Indonesia, tetapi sampai ke luar negeri.

”Dengan cara ini anak-anak didiknya pun menjadi cerdas. Satu laptop untuk satu guru, saya kira bisa mengantar mereka menjadi sosok yang menguasai bidangnya,” kata Bambang sambil menambahkan, Depdiknas bekerja sama dengan sekolah menengah kejuruan tengah berupaya merakit laptop murah. (FUL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: