MGMP TIK SMP/MTs KOTA BALIKPAPAN

Komunitas Guru Komputer SMP Kota Balikpapan ==> MENCERDASKAN GURU

Guru Honor Belum Terima Insentif

Balikpapan , 12 Mei 2010  Kaltim Post

BALIKPAPAN-Dana insentif yang dijanjikan kepada ratusan guru honor di sekolah negeri dan swasta di Kota Minyak ternyata belum diberikan Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pendidikan Kota (Disdik). Sekretaris Musyawarah Guru Honor Balikpapan (MGHB) Muzakkir menjelaskan, insentif yang seharusnya diterima guru sebesar Rp 1 juta per bulan. Sebesar Rp 700 ribu perbulan berasal dari pembiayaan APBD Kabupaten/Kota.

Sementara Rp 300 ribu per bulan didanai oleh APBD Provinsi. Hal ini kata, Muzakkir merupakan kesepakatan yang dihasilkan oleh semua Kepala Daerah Kota/Kabupaten se-Kaltim dalam penandatanganan MoU dengan Gubernur beberapa waktu lalu. Namun untuk mendapatkan insentif Rp 300 ribu dari Pemprov, tambah Muzakkir, setiap guru harus divalidasi oleh pengawas dengan ketentuan mengajar 24 jam, dan insentifnya akan diberikan selama 6 bulan sekali.

Sementara insentif dari Pemkot, semua guru berhak mendapatkannya tanpa syarat. Insentif Pemerintah Kota inilah yang dipertanyakan oleh para guru honor, karena sampai bulan Mei ini mereka belum mendapatkannya. “Sementara, Guru yang berstatus PNS dan Naban telah mendapatkan insentif tersebut setiap bulan terhitung sejak Januari 2010,” jelas Muzakkir.

Ia mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan komunikasi kepada pihak Disdik Balikpapan, termasuk kepada Kadisdik Sardjono sebelum pensiun belum lama ini, maupun melalui Sekretaris Dinas Pendidikan. Sebelum pensiun, sebut Muzakkir, Sardjono menyatakan bahwa insentif guru dari Pemkot adalah hak setiap guru untuk mendapatkannya tanpa syarat.

Bahkan pada saat hearing dengan anggota DPRD Komisi IV beberapa waktu lalu, Sardjono berjanji akan mencairkan insentif itu per tiga bulan yaitu di bulan Maret lalu, kemudian seterusnya akan diberikan setiap bulan sama dengan yang diberlakukan kepada guru PNS dan Naban. “Tetapi hingga beliau pensiun, insentif ini belum juga diberikan.

Mudah-mudahan dengan dimuatnya berita ini, pihak dinas pendidikan bisa lebih memperhatikan kesejahteraan guru-guru honor,” keluhnya. MGHB bahkan sudah melakukan verifikasi guru honor yang mengajar di negeri atas izin Disdik untuk memastikan bahwa calon penerimanya betul-betul guru aktif mengajar di sekolah negeri. “Kami sudah memberikan data kurang lebih 340 orang yang berhak menerima insentif kepada Dinas Pendidikan.

Dan kami merasa wajar kalau ada yang mempertanyakan hal ini, karena rata-rata Guru honor di sekolah negeri hanya mendapatkan gaji di bawah 500 ribu dalam sebulan. Mudah-mudahan Pihak Dinas Pendidikan bisa segera mencarikan solusi terbaiknya,” harapnya.(ara)

Akibat MGHB Lambat Serahkan Data

BELUM terbayarnya insentif guru honor ternyata justru akibat lambatnya penyerahan data guru dari MGHB sendiri. “Bagaimana mau dibayar kalau data siapa saja guru honor yang berhak menerima insentif baru diserahkan minggu lalu.

Hari ini pun (kemarin, Red) sudah saya koordinasikan dengan Rahmat, Ketua MGHB,” tutur Sekretaris Disdik Balikpapan merangkap Plt Kadisdik Sri Wahyuningsih. Dijelaskan, Disdik memang telah memegang data guru honor se Balikpapan tahun 2009.

Jumlahnya sebanyak 272 guru. Namun saat akan dilakukan pencairan anggaran, data yang diserahkan MGHB bengkak menjadi 500an guru. Sehingga Disdik bersama MGHB melakukan verifikasi data guru honor, sebab pengangkatan guru honor di tahun 2010 harus sesuai Permendiknas. “Nah, data hasil verifikasi itulah yang baru diserahkan minggu lalu.

Pencairannya dana ini melalui bendahara pemkot. Administrasinya ketat dan memakan waktu. Jadi, tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan jangan disamakan dengan guru PNS dan swasta, karena datanya yang fix memang sudah dipegang disdik sejak awal. Saya berharap, guru honor mau bersabar menunggu proses yang tengah berlangsung,” urainya.(lhl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: